WHAT'S IN MY CAMPUS BAG? (ENGINEERING STUDENT)

by - Agustus 29, 2020


Hi guys, kali ini aku mau sharing soal isi tas kuliah aku setiap hari. By the way, kalau ke kampus aku sering pakai ransel hitam ukuran sedang karena biar netral aja sama outfit aku sehari-hari. Alasan kenapa aku pakai ransel ukuran sedang karena aku pingin lebih kelihatan feminin gitu hihihi. 

Oh ya, walaupun ransel aku sedang, isinya bisa muat banyak loh. Kadang aku juga bawa jas lab kalau waktunya praktikum. Tapi minusnya saat bawa laporan praktikum, aku harus bawa totebag buat di tenteng juga karena ransel aku ngga cukup. Repot sih guys tapi aku suka:(

1. Binder
Ini wajib banget sih karena buat nulis materi yang disampaikan dosen. Walaupun beberapa dosen ada yang membagi materinya setelah perkuliahan, tapi terkadang kita juga butuh mencatat dari penjelasan dosen yang nggak ada di power point. Selain itu, kalau ada latihan soal aku selalu nulis di binder biar terarsip rapi sesuai mata kuliahnya. 

2. Alat Tulis
Terwajib setelah binder, karena kalau lupa bisa pinjam teman hihihi. Nggak guys bercanda, jadi isinya tempat pensil aku lumayan penuh. Ada pena, pensil, tipe-ex, stip, dan stabilo warna-warni. Jujur yaa stabilo itu harus banget aku bawa walapun yang lainnya nggak. Selain karena aku semangat mencatat kalau catatan aku warna-warni, di kelas aku jarang yang punya stabilo dengan warna pastel seperti yang aku punya. 

3. Laptop
Dari semester 1 sampai semester 4 sebelum pandemi kemarin, laptop jarang digunakan untuk pembelajaran. Aku mulai pakai laptop buat pembelajaran di kelas sejak semester 3 untuk membuka e-book keteknikkimiaan dan semester 4 digunakan untuk mata kuliah MNPK (Metode Numeris dan Pemrograman Komputer) setiap Hari Senin. Selebihnya, laptop aku bawa untuk keperluan organisasi di saat waktu istirahat atau ketika jam perkuliahan selesai. 

4. Buku Catatan
Ini nggak wajib sih, cuma kadang aku bawa. Fungsinya adalah untuk keperluan organisasiku. Fyi, aku adalah bendahara dan terkadang ketika di kampus ada pengeluaran dan pemasukan yang sebelumnya nggak direncanakan. Sebenarnya bisa mencatat lewat HP, tapi aku lebih suka nulis di buku catatan. 

5. Dompet
Bakal bingung banget kalau nggak bawa dompet karena selain ada uang buat jajan, juga ada kartu-kartu penting yang kadang digunakan pas di kampus. 

6. Kalkulator Scientific
Anak teknik pasti familiar dengan barang ini dan harus banget bawa ini sih. Sebab, beberapa dosen mewajibkan bawa ketika pelajaran. Kalau nggak bawa itu cukup ribet sampai harus pinjam ke teman kelas lain, karena bisa aja tiba-tiba ada quis atau ujian yang nggak memperbolehkan kita buat pinjam barang-barang teman. Nggak cuma quis atau ujian, terkadang untuk latihan soal pun dosen mewajibkan kita pakai kalkulator sendiri. 

7. Buku Teknik
Sama halnya dengan kalkulator scientific, di prodi aku beberapa dosen mewajibkan membawa buku yang sesuai dengan mata kuliah. Oh ya guys di prodi teknik kimia UNS ada yang namanya STUBA (Studio Baca). Sesuai namanya, STUBA seperti perpustakaan kecil yang berada di Gedung 1 Fakultas Teknik UNS. Bedanya dengan perpustakaan UNS, STUBA hanya berisi buku-buku keteknikkimiaan. Jadi kalau nggak bawa buku, bisa pinjam ke STUBA dengan menunjukkan kartu STUBA. 

8. Jas Lab, Masker, Sarung Tangan Latex
Jas lab dan kelengkapannya nggak dibawa setiap hari, jadi hanya hari-hari tertentu ketika ada jadwal nge-lab. 

9. Make-up
Liptint dan bedak nggak bisa dilupain sih karena aku perempuan yaa. Aku touch-up kalau selesai sholat atau ketika istirahat biar ngerasa selalu percaya diri ketika di kampus. 

Simpel aja campus-mate versi aku. Kalau versi kalian, gimana?

With Love, Tara. 

You May Also Like

0 komentar

Hello, with my pleasure if you leave comments :)