JALAN-JALAN KE TAMAN SARI YOGYAKARTA

by - Agustus 18, 2020

     

Siapa sih disini yang nggak tau soal keindahan Yogyakarta? Buat kalian yang mau ke Yogyakarta, aku sangat merekomendasikan kalian buat ke Taman Sari Yogyakarta. Karena selain biayanya yang murah, bangunannya sangat unik dan cocok banget loh buat photoshoot. Kalau ada kesempatan, habis corona aku mau kesini lagi aslii!

Ketika ingin masuk, kita harus membeli tiket sebesar Rp 5.000 yang selanjutnya bisa kita tunjukkan ke penjaga di awal bangunan. Setelah itu, kita bisa sepuasnya menikmati keindahan Taman Sari. Nah jadi mungkin kalian bisa liat guys kalau arsitektur dari bangunannya itu memiliki paduan corak jawa dan portugis. By the way, aku mau cerita sedikit tentang sejarah dari Taman Sari Yogyakarta.

Sejarah

Taman Sari adalah bangunan yang didirikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono 1 pada tahun 1785 M. Menurut sejarah, Taman Sari merupakan sebuah pesanggrahan yang memiliki fungsi pertahanan dan religi. Fungsi pertahanan ditandai dengan tembok bangunan yang tinggi serta terdapat tempat penjagaan pada gerbang. Sedangkan fungsi religi dapat dilihat dari Sumur Gumuling yang difungsikan sebagai masjid dan Pulo Panembung yang difungsikan sebagai tempat bermeditasi. By the way, selama peradaban Taman Sari pernah direnovasi beberapa kali karena gempa bumi. Salah satunya adalah gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta tahun 2006 lalu. Renovasi dilakukan untuk memperkuat dan melapisi bangunan yang mengalami kerusakan. Wah, mempelajari sejarah ternyata sangat menarik ya guys

Ada suatu icon yang indah dari Taman Sari Yogyakarta. Yup, apalagi kalau bukan kolam taman. Konon pada masanya, kolam tersebut merupakan tempat pemandian para permaisuri dan putri raja loh! 

Selain kolam yang katanya adalah tempat pemadian para permaisuri dan putri, ada suatu spot foto yang unik dan berada di dalam ruang bangunan. Kesannya gelap, tapi justru itu yang menjadi ciri khasnya guys. Tapi kalau mau terang, bisa juga kok ambil angle dari jendela hihihi.

*Pardon my messy veil


Setelah cukup lelah berkeliling di Taman Sari, aku dan partnerku memutuskan untuk berjalan ke arah luar bangunan. Foto dibawah ini adalah spot foto terakhir yang aku lihat sebelum keluar bangunan. Waktu itu aku pingin banget foto disana, tapi ngantri guys jadinya pilih pulang aja karena udah laper👼


And finally, kami memutuskan buat makan bakso ditemain es jeruk di deket parkiran.

With Love, Tara. 

You May Also Like

0 komentar

Hello, with my pleasure if you leave comments :)