PERJALANAN BERSAMA KAI EKSEKUTIF MALABAR 2021

by - Januari 15, 2021

Lima hari yang lalu aku menggunakan jasa Kereta Api Indonesia untuk berpergian dari Malang menuju Kota Surakarta. Sebelumnya sudah beberapa kali berpergian menggunakan KAI, namun cukup bisa dihitung jari. Nah pada perjalanan ini aku tertarik menggunakan layanan KAI kembali untuk kelas eksekutif. 


Cara memesan tiket melalui aplikasi KAI Access
1. Pada halaman awal aplikasi dapat segera menulis stasiun kota asal dan stasiun tujuan, kemudian mengisi tanggal keberangkatan dan tanggal pulang (untuk pemesanan tiket pulang-pergi). Setelah itu, pilih kategori kelas kereta untuk memudahkan pencarian tiket, kemudian isi jumlah dan kategori penumpang. 
2. Setelah klik cari, pilih tiket yang sesuai. 
3. Isi data penumpang.
4. Pilih kursi yang sesuai. 
5. Proses pembayaran. 
6. Setelah proses pembayaran selesai, tiket yang sudah dibeli bisa di akses di menu tiket.
7. Unduh e-ticket pada 2 jam sebelum jadwal keberangkatan. 

Syarat-syarat melakukan perjalanan menggunakan KAI 2021
1. KTP
2. Tiket (boleh berupa e-ticket)
3. Surat Rapid Test Antigen (untuk area Pulau Jawa)
4. Masker

Sebenarnya selain membawa 4 persyaratan itu, aku juga membawa face shield. Tapi ternyata, aku mendapat face shield gratis yang disediakan oleh KAI.

Setelah melakukan pembelian tiket dan mempersiapkan persyaratan-persyaratannya, saat check-in tiket di Stasiun Kepanjen Malang aku diminta untuk menunjukkan dokumen-dokumen persyaratan dan terdapat pemeriksaan suhu tubuhku. Kemudian, aku menunggu kereta datang di waiting room sekitar 10 menit hingga KAI Malabar datang. Bagi pengguna yang jarang perjalanan menggunakan kereta api, aku masih belum begitu hafal letak gerbong-gerbongnya. Tapi nggak jadi masalah sih karena setelah check-in saya diarahkan oleh petugas menuju gerbong eksekutif. 

Setelah menemukan seat, aku berniat meletakkan barang bawaan di bagasi atas. Tapi karena sangat berat, barang-barangnya aku taruh di kursi samping karena kebetulan setelah bertanya pada pramugara kereta aku diinformasikan kalau tidak ada penumpang di kursi sebelah hingga Stasiun Solo Balapan.  Oh yaaa, ini kaadaan di gerbong eksekutif.



Kursinya nyaman dan ada tempat untuk pijakan kaki. Selain itu jarak antara kursi dengan kursi depannya agak jauh dan nggak hadap-hadapan seperti di kelas ekonomi. Menurutku kalau untuk perjalanan jauh lebih baik menggunakan layanan eksekutif karena selain nyaman, ingin melakukan apapun jadi nggak sungkan ke penumpang lain seperti penumpang yang berhadapan dengan kita di kelas ekonomi. Kadang kalau perjalanan jauh apalagi sampai lebih dari 5 jam suka pingin ngelakuin hal lain selain duduk seperti makan, tidur, lihat film di laptop, streaming YouTube dan hal lainnya dan bakal sungkan atau gak nyaman kalau penumpang dihadapan kita ngeliatin gerak gerik kita. Selain itu, kadang bisa ngga nyaman di kelas ekonomi juga kalau perjalanan jauh karena satu seat bisa muat 3 orang dan nggak ada pembatasnya, jadi nggak bisa bebas kalau mau gerak. 

By the way, setelah dua jam perjalanan lumayan haus juga, terlebih lupa nggak bawa minuman dari rumah. Kalau diingat-ingat dari perjalanan sebelumnya yang menggunakan KAI, beberapa kali ada petugas yang keliling menjual konsumsi. Karena saat itu nggak ada petugas yang lewat dan saya males gerak untuk mencari food centre-nya, aku memilih untuk memesan minuman melalui WhatsApp. Nah ternyata, penyediaan dan pelayanan konsumsi di KAI diwadahi oleh PT Reska Multi Usaha (PT. RMU).

Cara memesan makanan di kereta api melalui layanan pesan WhatsApp
1. Hubungi nomor 08111755121 sebagai nomor pusat pemesanan makanan dengan format Kode Booking Tiket KA/Menu/Jumlah. Contoh: LVI4TOQ/Chappuccino/1.
2. Setelah mendapat balasan dan pemesan sudah konfirmasi pemesanan yang sesuai, petugas KAI akan datang membawa pesanan ke tempat kita.


Menurutku service memesan makanan seperti ini lebih fleksibel dan mudah, apalagi di masa pandemi seperti ini yang mana harus membatasi kontak dengan orang lain. Selain itu, nggak perlu nunggu lama menunggu pesananannya datang. Saat itu, setelah konfirmasi pesanan dan menunggu sekitar 20 menit, crew datang dan membawa pesananku dengan ramah. Oh yaaa kebetulan kemarin aku sempat mengabadikan kontak PT. RMU di berbagai platform yang tertera di kemasan chappuccino.


Buat temen-temen yang ingin berpergian jauh menggunakan jasa KAI, tetap mematuhi protokol kesehatan yaaa dan jangan lupa bawa persyaratan-persyaratan yang sudah ditentukan!

With Love, Tara.

You May Also Like

0 komentar

Hello, with my pleasure if you leave comments :)