HOW TO BE PRODUCTIVE DURING PANDEMIC? (CERITA #DIRUMAHAJA)

by - Juli 31, 2020


Haii temen-temen semua khususnya temen-temen yang masih sekolah atau kuliah, kali ini aku bakal bagi tips untuk menjadi produktif di era pandemi seperti ini. Yukk langsung ajaa.

1. Baca Jurnal Sains dan Sosial
    Salah satu manfaat setelah baca jurnal adalah menambah pengetahuan kita guys. Buat temen-temen yang kuliah atau sekolah di jurusan rumpun sains, yuk kita perkaya ilmu kita dengan membaca jurnal sosial. Kalau ingin belajar lebih dalam lagi, boleh banget buat nge-review jurnal yang udah kita baca agar lebih paham dan lebih mudah diinget yaaa.

2. Aktif Membaca Berita
    Selain meningkatkan ilmu dengan membaca jurnal, mengetahui kejadian yang sedang populer di Indonesia maupun dunia sangat penting loh. Yupp, caranya adalah dengan update dan membaca berita-berita terkini dari platform berita digital. Nah, tentu lebih bermanfaat kan dari sekedar scroll media sosial sampai berjam-jam yang terkadang bahkan tidak bermanfaat sama sekali untuk kita? Yuk baca berita!

3. Mengikuti Webinar
    Webinar adalah suatu hal yang mudah kita temui di era pandemi seperti ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk menambah wawasan terkait suatu hal. Satu lagi, most of them diselenggarakan gratis loh. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti webinar yang kamu minati yaaa.

4. Belajar Bahasa Inggris
    Di zaman sekarang, belajar bahasa inggris nggak harus melalui lembaga saja. Kita bisa loh belajar listening dan speaking dari youtube atau aplikasi-aplikasi belajar bahasa inggris di playstore, atau belajar reading dari platform berita digital seperti BBC NEWS atau QUORA. Selain itu, kita bisa juga belajar writing dengan menulis esai atau apapun itu di buku maupun laptop kita. Jadi ngga ada alasan lagi yaa guys untuk menunda belajar bahasa inggris.

5. Belajar Beropini di Aplikasi Quora
    Ingin belajar beropini dengan baik? Yuk tengok Quora. Quora adalah aplikasi yang membuat kita bisa belajar untuk membuat opini dari menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, atau kalau belum tertarik beropini kita bisa loh baca opini-opini orang yang tentunya berbobot dan bermanfaat. Yupp, dengan terbiasa membaca opini orang lain, kita bisa menjadi lebih kritis dan punya banyak pengetahuan. Satu lagi, di Quora tak jarang kita bisa menemukan tips-tips yang bermanfaat.


6. Mengikuti Kompetisi Menulis dan Desain
    Yaa, kegiatan ini merupakan sesuatu yang memaksa kita untuk membaca agar bisa menulis. Ada banyak kompetisi menulis yang dapat kita temukan di instagram seperti pada akun infolomba. Bentuk kompetisi online tersebut macam-macam; karya tulis ilmiah, lomba menulis puisi, lomba menulis cerita pendek atau dongeng, esai ilmiah, poster, infografis, lomba menulis Quotes, dan lain-lain. Jadi buat kalian yang suka banget buat nulis dan ingin produktif, boleh banget ikut kompetisi-kompetisi tersebut yaa. Karena selain melatih diri untuk berpikir, kalau menang kita akan mendapat penghargaan dan juga uang yang bisa ditabung loh, Yuk ikut lomba!

7. Membuat Konten Bermanfaat di Media Sosial
    Salah satu hal yang membuat kita bermalas-masalan dirumah adalah bermain media sosial hingga berjam-jam, namun hanya menghabiskan kuota saja dan tidak memberi manfaat. Jadi ayo kita manfaatkan media sosial untuk menyebarkan hal-hal bermanfaat seperti membuat konten di Youtube, menulis konten di Blog, berkreasi dengan membuat poster berisi informasi bermanfaat yang disebar melalui instagram, twitter, atau line.

Semoga tips-tips diatas bermanfaat yaaa temen-temen. Stop rebahan, yuk produktif!

With Love, Tara.

You May Also Like

0 komentar

Hello, with my pleasure if you leave comments :)